Menilai Isi Pembicaraan Dalam Diskusi

 Menilai Isi Pembicaraan Dalam Diskusi

    Jika anda berdiskusi, apa pun bentuknya, Anda sedang bertukar pikiran. Adu argumen, bertanya, menolak/menyangkal adalah aktivitas yang pasti ada dalam diskusi. Semuanya sah, dibenarkan, dan memang begitulah seharusnya. Adu pendapat, adu argumen, dan sebagainya itu merupakan wujud dari apa yang disebut dengan menanggapi pertanyaan, baik pertanyaan dari pemakalah/penyaji/panelis maupun pernyataan dari sesama peserta.

    Tanggapan dalam sebuah diskusi bisa berupa pertanyaan, persetujuan, penolakan,kritik, atau saran. Tanggapan sebaiknya disampaikan dengan hal-hal berikut:

 1.     Santun dan dalam suasana saling menghargai,

 2.     dengan kepala dingin dan akal sehat ( tidak emosional )

 3.     tidak mengada-ada ( objektif )

 4.     tidak aprori,

 5.     disertai alasan/argument yang logis dan revelan dengan permasalahan,

 6.     bahasanya ragam resmi, efektif , efisien, dan komunikatif,

7.     jagalah agar tidak menyinggung perasaan orang lain, dan

 8.    memperhatikan kualitas atau mutu tanggapan .

    Apa yang dimaksud dengan kualitas tanggapan? Meskipun menanggapi dalam diskusi bersifat bebas ( tetapi bertanggung jawab ), seoranng penanggap hendaknya memerhatikan mutu atau kualitas tanggapannya. Harus dihindari sikap asal-asalan yang jika diamati isi tanggapannya berkualitas rendah atau bahkan tidak memberi nilai, informasi, dan solusi apapun. Disinilah dibutuhkan wawasan. Hampir dapat dipastikan jika wawasan seseorang luas, tanggapan atau pembicaraannya pun akan mendalam, bernilai, bermanfaat, dan menyelesaikan masalah.itulah tanggapan atau pembicaraan yang berkualitas atau bermutu.

     Sudah tentu, tanggapan yang bermutu adalah tanggapan yang baik. Untuk sampai ke taraf  baik dan berkualitas, tanggapan setidaknya harus:

1.   relevan dengan materi yang berduskusikan,

2.   pertanyaan yang benar-benar mengarah kepada upaya menyelesaikan masalah, tidak bersifat menguji, dan

3.   persetujuan atau penolakan/sanggahan disertai argumen atau alasan yang logis dan meyakinkan.

 

Komentar